Setelah proyek batik pertama, menerapkan cucian dan menggunakan perendaman tunggal dalam rendaman pewarna, sekarang saatnya untuk mengambil langkah kedua.

Tugas selanjutnya adalah mempelajari warna. Tujuannya adalah membuat karya yang melewati semua warna yang ditentukan hingga mencapai warna ungu akhir.

Dari kuning ke ungu oleh merah

o Putih / kuning – perendaman pertama Bak pewarna kuning
o Putih / kuning / oranye – perendaman ke-2 Bak pewarna merah
o Putih / kuning / oranye / merah – 3 pencelupan lebih dalam Rendam pewarna merah
atau Putih / kuning / oranye / merah / ungu – rendam 4 Rendam pewarna biru Angkatan Laut

Desain

Langkah pertama dari prosedur ini adalah menggambar atau menemukan desain yang cocok untuk proses ini. Desain sederhana mungkin yang terbaik dalam fase ini, karena menerapkan lilin adalah keterampilan yang dipelajari dan membutuhkan latihan untuk diterapkan dengan benar. Ambil desain Anda dan lihat rencana pewarna di atas, tentukan ke mana masing-masing warna harus pergi. Mungkin yang terbaik adalah terlebih dahulu menggambar rencana Anda di atas kertas sehingga jelas bagi Anda di mana Anda perlu lilin dan di mana Anda harus bebas dari lilin.

Kuning menjadi ungu oleh merah

Oleskan lilin dengan kuas atau tjant pada materi putih di tempat yang Anda ingin tetap putih, dan kemudian celupkan diri Anda dalam bak pewarna kuning. Bergerak selama lima menit pertama dan kemudian biarkan berdiri di pewarna selama lima belas menit lagi, biarkan mengering semalaman untuk memungkinkan pewarna untuk menyembuhkan.

Kemudian oleskan lilin ke bahan kuning di tempat Anda ingin tetap kuning. Benamkan dalam bak pewarna merah (seperti kuning)

Langkah ketiga adalah menerapkan lilin ke kain oranye di tempat-tempat di mana Anda ingin tetap oranye. Benamkan dalam bak pewarna rusa merah (seperti kuning)

Langkah terakhir adalah membuat lilin pada area yang tetap merah tua hingga menjadi lilin dan kemudian substansi akhirnya dalam bak pencelupan biru laut, bak mandi untuk mengguncang dan meninggalkan debu di dalamnya sampai itu mencapai warna ungu yang diinginkan, dengan mempertimbangkan fakta bahwa warna akan terlihat jauh lebih dalam saat kain basah, jadi jangan tergoda untuk menghapusnya sampai Anda yakin bahwa warna adalah apa yang Anda coba capai. .

Biarkan kering semalaman dan kemudian lepaskan lilin dengan merebus.

Memasak dengan zat ini juga menghilangkan warna dengan jumlah yang wajar, jadi sangat penting bahwa pewarna itu kuat dan diperbaiki menurut resep pewarna sebelumnya. Memasak kain itu mudah diatur dan lunak sehingga dapat digunakan untuk tujuan apa pun. Cara alternatif untuk menghilangkan lilin adalah dengan menyeterika pada lembaran kertas atau kertas cokelat bersih yang belum dicetak. Ini membuat kainnya cukup kaku, tetapi warnanya jauh lebih cerah. Meskipun tidak cocok untuk pakaian, mereka dapat digunakan untuk banyak proyek kerajinan, dari pelapis interior kotak kerajinan hingga kartu yang terinspirasi dengan kertas dan kain kerajinan.



Source by Sean Mac Robin